Beberapa minggu lalu saya disibukkan dengan virus yang bandel dan lumayan menyusahkan akibat keteledoran saya yang asal klik dari suatu situs yang menyediakan PDF secara gratis.
Sewaktu pertama kali virus masuk saya tidak menyadarinya karena saya pikir virus tersebut sudah diatasi oleh firewall dari windows.
Sewaktu saya scan memakai SMADAV pun tidak terdeteksi apapun ,Hanya beberapa registry error dan berhasil di fix. Setelah itu saya tidak perduli lagi dan memakai Laptop seperti biasa.
Saya baru merasakan efek virus tersebut setelah 3 hari terinfeksi.
Ciri-ciri yang mudah terlihat secara kasat mata adalah setelah saya mencolokan flashdisk muncul file Copy of shortcut seperti gambar dibawah ini


awalnya saya tidak panik karena komputer saya terinfeksi virus yang hampir sejenis tapi virus yang berada di komputer saya cukup di delete saja melalui laptop saya bisa langsung hilang.tetapi virus yang ini berbeda kalau dihapus muncul lagi-muncul lagi
Dan ada tambahan folder Recyler dan autorun pula
Disini saya mulai khawatir
Akhirnya saya memutuskan untuk mulai mencari antinya.
Setelah google beberapa kali saya obrak-abrik saya menemukan beberapa referensi bahwa ada beberapa orang yang sudah berhasil mengusirnya memakai Dr.WEB (sebuah aplikasi yang dijalankan dengan format under DOS)
Saya memutuskan untuk mencicipi aplikasi ini dengan mendownloadnya tapi sayangnya internet saya tidak terlalu cepat untuk mengunduh aplikasi tsb (besarnya sekitar 156MB)
Tapi daripada tambah parah saya coba saja.
Setelah 1 jam saya tinggalkan laptop sambil menunggu unduhan saya mulai bosan.
Hari pun mulai malam.Saya berfikir bahwa tidak mungkin saya berhasil menyingkirkan virus tsb hari ini
karena unduhannya masih berjalan sekitar 1/2 jam lagi dan saya pun belum memiliki CD kosong untuk memasukkan aplikasi ini dan menjalankannya  secara Under DOS
Sambil menunggu saya pergi ke forum KASKUS.US dan melihat referensi tentang virus ini
dan ternyata di forum tsb ada beberapa orang yang berhasil mengusir virus tsb dengan antivirus luar seperti Kapersky,Norton,MSE dll
Setelah itu saya mencoba mencari Kapersky terbaru yg gratisan.
Ternyata yg gratisan masih blm sempurna dan beberapa orang terkena blacklist.
Karena masih meragukan Saya coba yang lain.
Saya mencoba MSE (karena saya pikir norton pasti berat)
Untuk MSE kalian bisa mendownloadnya disini --> http://www.microsoft.com/security_essentials/
Untuk antivirus ini kalian memiliki 1 syarat penting bahwa windows harus genuine (asli)
Setelah kalian menginstallnya saya sarankan kalian menghapus/unistall beberapa aplikas iyang terlihat menyimpan banyak file/memindahkan file yang sekiranya tidak mungkin terjangkit  karena antivirus yang 1 ini sangat detail dalam mengscan file.
Bahkan RAR pun diperiksa sampai kepada file'nya
Antivirus ini juga akan meminta restrart setiap berhasil menghapus virus.
Tapi kalian abaikan saja sampai semua tuntas ter-scan dan bersih dar virus.
Saya sendiri memerlukan waktu sekitar 4 jam (itu juga masih tersisa 1 drive lagi yg blm terscan)
Nah setelah selesai di scan kalian aman dr virus tsb.
Tapi mungkin kalau ada yang terinfeksi cukup parah kalian akan menjumpai beberapa registry yang masih error dan ada file yang tidak bisa diakses oleh kalian.
Nah untuk memperbaiki registry kalian bisa mencoba yang 1 ini ---> http://www.dytoshare.net/2011/01/uniblue-registry-booster-2011-full.html
caranya cukup mudah dan 100% berhasil memperbaiki registry
Nah untuk masalah folder yang tidak bisa di akses kalian bisa membukanya memakai Take Ownership.
http://www.howtogeek.com/howto/windows-vista/add-take-ownership-to-explorer-right-click-menu-in-vista/
Kalau semuanya sudah beres kalian bisa tertawa puas dan ucapkan selamat tinggal pada virus menyebalkan tersebut.
Sekian tutorial dari saya.
Semoga bermanfaat.


(sumber : KASKUS.US,http://www.dytoshare.net/2011/01/uniblue-registry-booster-2011-full.html,dan http://www.howtogeek.com/howto/windows-vista/add-take-ownership-to-explorer-right-click-menu-in-vista/)

Arsip Blog

Copyright © Sistem Komputer Blog Template Design by RzaaL 1306