Dioda merupakan suatu semikonduktor yang hanya dapat menghantar arus listrik dan tegangan listrik pada satu arah aja. Dioda dibuat dari germanium dan silikon. Dan berfungsi untuk menyearahkan tegangan AC menjadi tegangan DC, dioda berasal dari kata :
1. Di yang berarti dua.
2. Oda yang berarti elektroda.
            Jadi dua elektroda (anoda dan katoda) yang digabung menjadi satu
komponen . Dioda pada umumnya dispesifikasikan dalam nilai batas tegangan dan arus. Dioda didalam elektronika sering diperlukan, karena suatu komponen yang dapat mengalirkan arus apabila diberi tegangan pada satu arah saja dan tidak mengalirkan arus apabila diberi tegangan dengan arah yang berlawanan. Untuk tegangan yang rendah, masih menggunakan dioda yang terbuat dari bahan semi konduktor (Germanium dan Silikon).
            Untuk tegangan tinggi orang masih banyak memakai dioda vakum. Bahan semi konduktor adalah bahan yang mempunyai 4 elektron valulsi seperti silikon (Si), Germanium (Ge), dan Stanum (Sn). Keempat elektron valensi tersebut saling mengikat yang dikenal dengan ikatan kovalen dan bermuatan netral (semi konduktor instrinsik).
            Dioda dibuat dari bahan semi konduktor jenis P atau jenis N. pertemuan dua elektroda atau junction dioda antara anoda (elektroda positif) dan katoda (elektroda negatif).
           Bahan Dioda                                                                  Simbol Dioda
  
Adapun tipe-tipe lain dari dioda, adalah :

Dioda Kontak Titik
            Dioda kontak titik digunakan untuk mengubah frekuensi tinggi menjadi
frekuensi rendah. Dioda ini dapat mengalirkan arus yang yang besar dan banyak dipergunakan pada radio dan pesawat televisi. Dioda titik ini dibuat dari kawat wolfram dengan ujung yang runcing ditempelkan kuat pada lempengan germanium atau silikon serta di kotak dengan kaca.
            Dioda ini hanya dapat mengalirkan arus listrik dari kawat wolfram ke
lempengan siikon atau germanium dan dapat mengalirkan arus pada arah
sebaliknya.

Dioda Hubungan
            Dioda Hubungan dapat mengalirkan arus listirk yang besar hanya satu arah saja dan tidak dapat mengalirkan arus sebaliknya. Dioda ini biasanya dipergunakan untuk perata arus pada power Supply (catu daya atau Sumber tenaga). Jenis dioda ini dipasaran ini disebut silikon saja Dioda ini berkapasitas besar yang dinyatakan dengan amper dan mempunyai daya tahan terhadap tegangan yang dinyatakan dengan volt. Jadi setiap silicon yang dibeli di toko elektronika mempunyai kapasitas daya tahan terhadap arus dan tegangan.
            Silikon ini terdiri dari hubunagn PN (positf dan negatif) dan warnanya
biasanya hitam. ada juga silikon yang berwarna merah dan hijau seperti BY 127. selain itu ada juga dioda yang telah rangkai disebut silicon bridge. Silikon ini tebentuk dari empat silikon biasa dan dicetak dalam bentuk papan dengan empat kaki terminal. Dua kaki yang diberi simobol (-) dihubungkan ke AC. Dari Out put transformator sedangkan kaki terminal (+) dari kaki terminal pada silicon bridge dihubungkan ke kaki kondesnsator elektrolit sehingga terbentuk sebuah catu daya. Silikon bridge ini mempunyai kapasitas daya tahan terhadapat arus dan tegangan dengan ukuran 1A hingga 30A dengan kapsits tegangan dari 50Vsampai diatas 1000V

Dioda Zener
Simbol :
Dioda zener disebut juga dengan dioda tegangan konstan karena alat ini dapat mengalirkan arus dengan tegangan yang tetap sesuai dengan kapasitas dari dioda zener tersebut. Dioda zener biasa disebut ZD (Zener Diode). Dioda ini kebanyakan mempunyai daya tahan ½ watt. Dioda zener dapat dipergunakan untuk menstabilkan tegangan yang ada pada catu daya (Power Supply) atau sumber tenaga (Dc Volt).

LED (Light Emitting Diode)
Simbol :
Dioda yang dapat mengeluarkan sinar bila diberikan teganagn DC 1,8 V/1,5 mA disebut Light Emitting Diode disingkat led. Kegunaan dari led ini dapat berfungsi dari sebagai lampu isyarat lampu hias untuk dispply.Led dapat meneluarkan sinar bila diberi tegangan dc 1,8V/1,5mA. Sinar led dapat dibentuk menjadi angka-angka melalui suatu proses kerja komputer mini yang ada pada suatu kakulator.setiap angka pada kakulator merupakan suatu rangkaian dari 7 buah led. Led ada bebrapa macam warna antara lain : warna hijau, merah, kuning dan putih

Dioda Photo
Simbol :
Dioda photo adalah dioda yang bekerja berdasarkan cahaya. Jika cahaya luar mengenai junction dioddda photo yang dibias reverse, akan menghasilkan pasangan electron hole dalam lapisan pengosongan. Makin kuat cahaya, makin banyak jumlah pembawa yang dihasilkan cahaya dan makin besar arus reverse, karenanya Doda Photo merupakan detector photo yang baik sekali.

Dioda Varaktor
Simbol :
Dioda varaktor adalah dioda yang memanfaatkan efek kapasitansi yang berubah-ubah. Dalam aplikasinya, varaktor menggantikan kapasitor yang ditala secara mekanik. Dengan kata lain varaktor yang dipasang parallel dengan inductor merupakan rangkaian tangki resonasi dengan mengubah -ubah tegangan reverse pada varaktor. Kita dapat mengubah-ubah frekuensi resonasi.

Dioda Schottky
Simbol :
Dioda ini terbuat dari logam emas, platina atau perak pada salah satu sisi junction dan silicon yang di dop pada sisi lain. Dioda ini juga dapat menyearahkan frekuensi diatas 300 MHz jauh diatas kemampuan diode bipolar dengan pembatas waktu pulih reversenya. Kelebihan dioda ini tidak mempunyai tegangan kerja (knee voltage), sehingga waktu On atau Off- nya dari dioda bipolar.

Step Recovery Diode

Simbol :
Dioda ini memanfaatkan penyimpanan muatan. Selama diberi arus forward, dioda mengalirkan arus, tetapi jika diberi arus reverse terjadilah langkah penutupan, arus reverse dibuat nol, dioda tiba-tiba dibuat terbuka, dan dioda ini disebut dioda snap. Dioda Step Recovery ini digunakan dalam rangkaian pulsa dan digital untuk menghasilkan pulsa yang sangat cepat. Dioda dengan kata lazimnya disebut juga dengan penyearah. Penyerah yang dimaksud adalah rangkaian yang dapat membuat tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah. Beberapa macam penyearah / rectifier yang ada yaitu: penyearah setengah, penyerah gelombang penuh, dan pennyearah yang dilskuksn oleh komponen dioda yang bekerja hanya satu arah saja (bersifat polaritas).





 

Arsip Blog

Copyright © Sistem Komputer Blog Template Design by RzaaL 1306