USB


USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (periferal) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps ( juta bit perdetik) karena mampu membawa data melalui kabel jarak pendek sampai sekitar 5 meter.. Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.

USB merupakan system bus yang teralamat dengan 7 bit kode alamat, jadi akan mampu men-support sampai 127 periferal berbeda ke rangkaian komputer secara bersamaan. Namun demikian hanya ada satu titik akses yang menghububgkannya ke PC. Ia menghubungkan periferal seperti toplogy star pada Local Area Network (LAN). Selamat tinggal port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play bukan lagi Plug and Pray. Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus kecepatan-tinggi semacam IEEE 1394.
Universal Serial Bus atau USB telah menjadi standard yang harus dimiliki sebuah PC dewasa ini karena mampu “plug and play” (bisa langsung dikenali dan digunakan oleh computer) dengan alat-alat atau device yang support, system device yang independent dan mudah diekspansi dengan beragam periferal. Dalam beberapa hal khusus driver tidak diperlukan pada device. USB sering didesain dalam kelas standard dan operating systems untuk membawa driver kelas umum yang akan mejalankan periferal yang terhububung dengan port USB tanpa ada hal yang harus dikerjakan oleh user. Paper ini menjelaskan bagaimana system USB bekerja dan kemampuan “plug and play” dapat terintegrasi. Hanya periferal yang memiliki rate data yang lebih tinggi yang tidak bisa terhubung melalui USB seperti display dan monitor.

Transfer data pada USB dikirim dalam bentuk paket, sementara port paralel dan serial mentransfernya dalam bentuk bit individual. Sebagai contoh, bila Anda ingin menyimpan sebuah file pada sebuah drive Zip USB, pertama-tama PC akan memotong-motong file tersebut menjadi potongan-potongan sebesar 64-byte--setiap potongan menyertakan informasi pengalamatan dan data itu sendiri--dan kemudian mengirimkan potongan tersebut ke port USB. Kecepatan transfer USB melampaui kecepatan transfer port paralel dan serial karena telah menyempurnakan proses transfer tersebut: Kabel USB mengurangi derau dan distorsi selama data dikirim, sehingga data dapat diterima dengan sedikit kesalahan.

Selain lebih cepat dibanding koneksi port serial dan paralel, USB juga memungkinkan Anda menyambungkan perangkat dalam sebuah rantai koneksi yang panjang melalui beberapa buah hub. Spesifikasi USB mengijinkan dua jenis perangkat: Sebagai hub dan fungsi. Hub memungkinkan Anda dapat mengkoneksikan banyak peranti pada bus; fungsi, atau periferal, adalah melakukan apa yang diperintah PC. Hub dapat disertakan pada peranti--sebagai bagian dari monitor, misalnya--atau dapat berupa produk stand-alone. Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah komputer yang hanya memiliki satu port USB, Anda dapat mengkoneksikannya dengan sebuah hub empat-port dan menghubungkannya ke hub USB empat-port lain pada rantai koneksi, sehingga Anda dapat mengkoneksikan 7 buah peranti ke PC Anda. Semakin banyak perangkat yang Anda sambungkan, semakin kecil daya yang diberikan pada tiap perangkat. Bila Anda ingin menyambungkan banyak peranti pada PC Anda, sebaiknya Anda menggunakan hub USB untuk meyakinkan bahwa peranti Anda mendapat cukup tenaga untuk bekerja.

Design USB distandarisasi oleh USB Implementer (USBIF), suatu badan industri komputer and electronik terdepan. Mereka terdiri atas Apple Computer, Hewlett-Packard, NEC, Microsoft, Intel, and Agere. Spesifikasi USB versio 2.0 yang diluncurkan Januari 2005, telah distandardisasi oleh USBIFpada akhir 2001. Versi sebelumnya adalah 0.9, 1.0, and 1.1. dimana setiap iterasi selalu dibuat kompatible untuk versi pendahulunya.
.Untuk memudahkan memasang dan mengganti periferal, USB memiliki fitur hot plungging dan Plug and Play. Dengan hot plugging Anda tidak perlu merestart komputer saat memasang dan mencabut peranti USB. Saat sebuah periferal disambungkan ke PC, ia akan mengirimkan sebuah sinyal ke PC yang mengatakan bahwa ia sudah tersambungkan ke bus. Setelah PC merespon, peranti tersebut kemudian mengirimkan informasi seberapa banyak bandwith yang ia butuhkan. Versi USB yang banyak beredar saat ini, USB 1.1, mengijinkan dua jenis periferal: yang berkecepatan rendah dan yang berkecepatan sedang.

Perangkat berkecepatan rendah, seperti keyboard dan mouse, diberikan bandwith yang secukupnya (sekitar 1,5 mbps), sementara peranti berkecepatan sedang, seperti printer dan scanner, diberi bandwith terbesar hingga 12 mbps. Setelah mengalokasikan bandwith, PC kemudian memberikan sebuah nomor identifikasi unik. Saat peranti tersebut dicabut, PC kemudian mengkonfigurasi ulang bus USB. Kompatibilitas Plug and Play USB berarti Anda dapat mencolokkan sebuah perangkat ke PC dan hanya dibutuhkan sedikit campur tangan Anda untuk urusan selanjutnya. Windows 98 menyertakan driver USB untuk peranti semacam keyboard, mouse, dan harddisk eksternal. tetapi peranti lain perlu menginstalasikan driver mereka ke Windows. Windows 2000 juga menyediakan dukungan USB, tetapi bila Anda menggunakan Windows 95 dan NT 4.0, maka jawabannya adalah Anda belum beruntung alias Anda harus mengupgrade sistem operasi Anda.
USB mempunyai 4 mode transfer komunikasi :
• control,
• interrupt,
• bulk, dan
• isochronous.

Mode Control di hasilkan dari host. Pada mode ini , setiap data yang ditransfer harus dikirim 2 arah tetapi hanya satu arah pada satu wakru. Mode Control digunakan untuk inisialisasi/mendeteksi alat, namun juga bisa berfungsi transfer data dalam jumlah kecil.

Pada mode interrupt , interupsi tidak terjadi dalam penginderaan biasa. Seperti pada mode control, host harus menghasilkan data untuk ditransfer. Mode interrupt diperlukan untuk host dalam mengecek diperlukan untuk jika diperlukan layanan rutin..

Mode Bulk dan mode isochronous berkomplemen bersama-sama dalam pengideraan. Mode Bulk digunakan jika akurasi data sangat vital dan penting, tetapi transfer tidak signifikan seperti pada drive memory. Mode Isochronous mode mengorbankan akurasi data untuk menjamin waktu perngiriman data. Sebagai contoh pada USB audio speaker.
Tiga komponen utama dari suatu system USB adalah USB Host, hub dan alat. Alat adalah endpoints dari sistem dan meliputi perangkat keras seperti printer, mouse, keyboard dan device memory. Alat adalah merupakan ujung dari bus itu. Berbagai alat USB alat dapat terhubung ke port computer memalui sebuah hub. Hub ini merupakan akar adalah host yang menghubungkan ke system USB yang merupakan sentral koneksinya.. Kebanyakan port USB terhubung langsung ke motherboard computer. Ada beberapa produsen yang menyediakan port USB pada keyboard. Dalam beberapa level software yang support untuk menghubungkan system USB ini.. Ini adalah sering digunakan untuk sistem operasi dan kebanyakan sistem operasi mempunyai kemampuan menghubungkan USB yakni Windows Linux. Namun Operating System Irix sekarang ini belum mendukung sistem USB.
Perkembangan versi USB :

USB 1.0 FDR: dikeluarkan November 1995, pada tahun yang sama Apple mengadopsi standard IEEE 1394 yang dikenal dengan FireWire.
USB 1.0: dikeluarkan pada January 1996. Mampu mensuport transfer data 1.5 Mb/s (low speed) and 12 Mb/s (high speed)
USB 1.1: dikeluarkan pada September 1998. Untuk membenahi kekurangan pada versi 1.0
USB 2.0: dikeluarkan pada April 2000. Feature penting pada standard ini adalah tambahan pada high-speed mode, mampu mendukung transfer data 14 sampai 480 Mb/s.
USB 3.0: dikeluarkan pada tahun 2010 USB 3.0 memiliki kecepatan transfer data sekitar 3200 MBits/s ( 3.2 GBits/s atau 400 MBytes/s), dan secara teori dapat mencapat 4.8 GBit/s. Kecepatan ini 6 sampai 10x lebih cepat dari maksimal kecepatan USB 2.0

Tipe-tipe USB dan pin-pin yang terdapat pada masing-masing tipe :