Taukah kalian bahwa syarat suatu bunyi bisa didengar manusia adalah :
1. Frekuensi antara 20 Hz dan 20.000 Hz
2. Ada medium (bunyi tak bisa merambat dalam ruang hampa)
3. Intensitas yang cukup (kalo teman kita berbisik dalam jarak beberapa meter. Kita juga ga bisa mendengarnya)
4. Sistem pendengaran dan sistem saraf yang berkaitan dengan pendengaran normal

Tapi seiring bertambahnya usia kita mempunyai keterbatasan pada pendengaran dan tidak bisa mendengarkan suara pada frekuensi tertentu.
 


 

Anak-anak kecil, yang umumnya memiliki pendengaran yang terbaik, sering dapat membedakan suara dari sekitar 20 Hz, seperti catatan terendah pada organ pipa besar, untuk 20.000 Hz, seperti melengking tinggi peluit anjing yang banyak orang tidak dapat mendengar.
pidato Manusia, yang berkisar antara 300 sampai 4.000 Hz. Bila gangguan pendengaran dimulai, frekuensi tinggi biasanya kalah duluan, itu sebabnya orang dengan gangguan pendengaran sering mengalami kesulitan mendengar suara bernada tinggi dari perempuan dan anak.Kehilangan pendengaran frekuensi tinggi juga dapat mendistorsi suara, sehingga bicara sulit untuk dipahami meskipun dapat didengar. Orang dengan gangguan pendengaran sering mengalami kesulitan mendeteksi perbedaan antara kata-kata tertentu yang terdengar sama, terutama kata-kata yang mengandung S, M, SH, CH, H, atau C lembut suara, karena suara konsonan ini berada dalam rentang frekuensi yang lebih tinggi jauh dari vokal dan lainnya konsonan.

Berkaitan dengan artikel diatas, ada sebuah bunyi yang diciptakan hanya untuk didengar para anak muda yang diberi nama teen buzz
Berikut artikelnya :
Para remaja telah menggunakan teknologi nada sambung untuk keuntungan mereka di sekolah. Sebuah perusahaan dari daerah Wales telah membuat sebuah alarm bernada sangat tinggi yang dinamai ‘The Mosquito; yang tidak dapat didengar oleh orang dewasa. Produk ini di desain untuk mengusir geng-geng remaja dari pusat perbelanjaan. Tetapi para remaja yang sadar teknologi telah mengadaptasikan suara tersebut menjadi nada dering, mereka dapat menerima telepon dan sms di sekolah tanpa diketahui oleh guru mereka.

Seorang guru sekolah menengah di Cardiff menyampaikan pada surat kabar Metro bahwa ’semua murid sedang menertawakan sesuatu yang saya tidak tahu. Mereka semua dapat mendengar suara handphone berbunyi, tetapi saya tidak dapat mendengar apapun.’ Teknologi ini bekerja karena dari umur 20, orang dewasa kehilangan kebisaan untuk mendengar suara bernada sangat tinggi. Perusahaan dari Wales tersebut sekarang telah membuat versi resmi ringtone dari alarm mereka yang dinamai ’Teen Buzz’, atau Dering Remaja, dan berharap bahwa ini akan menjadi trend global.
Dengan teknologi yang berkembang dengan cepat, siapa yang tahu tipuan apa yang akan dikembangkan remaja berikutnya.

Berikut contoh bunyi dari Teen Buzz tersebut : teen buzz

Arsip Blog

Copyright © Sistem Komputer Blog Template Design by RzaaL 1306